4 Alasan Kenapa Harus Punya Mimpi Besar Untuk Bisa Meraih Sukses

Bermimpilah besar (sumber: pixabay.com)

Selalu kita dengar kalau mau sukses, kita harus punya mimpi. Bermimpilah, maka kamu akan sukses. Kira-kira begitu. Memang benar, bisa dibilang semua memang berawal dari mimpi. Kalau kita lihat orang-orang yang sukses mengguncang dunia dengan pemikirannya, inovasinya, atau apapun itu, pasti punya mimpi. Yang kemudian mereka wujudkan ke dunia nyata.

Kita singkirkan dulu orang-orang besar itu. Kita masuk ke skala yang lebih kecil. Diri kita sendiri. Bagaimana dengan diri kita? Apakah kita punya mimpi yang ingin kita wujudkan? Mimpi seperti apa? Sudahkah kita menemukan apa yang kita impikan? Yang selalu mengganggu tidur malam kita? Apakah sudah?

Apa yang kita inginkan? Kesuksesan? Kesuksesan seperti apa? Sudah jelas di depan mata? Atau masih dalam bayang-bayang gelap di dalam kepala kita? Sudahkah kita bermimpi untuk sukses?

Bermimpi bisa dalam skala besar ataupun kecil. Orang-orang sukses, yang berada di atas rata-rata, mereka mempunyai mimpi yang besar. Pertanyaannya sekarang, apakah kita mau untuk bisa di atas rata-rata seperti mereka? Mimpi sebesar apa yang mengisi hari-hari kita sekarang ini?

Seperti apa sih mimpi yang besar itu?

Kita bisa saja bermimpi sederhana, seperti ingin lulus sekolah atau sekedar ingin bekerja, dimana pun itu. Tidak salah. Sama sekali tidak. Seperti kebanyakan orang, pasti punya keinginan (mimpi). Bermimpi punya rumah, mobil, uang, hidup sehat, dan sebagainya. Seperti orang-orang lainnya. Tapi, kenapa ngga sekalian bermimpi besar?

Mimpi yang besar adalah tentang lompatan besar. Perubahan besar. Untuk siapa? Tentu untuk diri kita sendiri. Sebuah lompatan yang mengharuskan kita mengambil resiko. Yang memerlukan keberanian kita yang terbesar untuk mengatasi rasa takut akan kegagalan. Contoh gampang, yang masih sekolah, jangan hanya bermimpi untuk bisa lulus sekolah. Bermimpilah untuk bisa lulus dengan predikat terbaik. Kemudian dapat beasiswa sekolah ke luar negeri. Atau yang saat ini bekerja sebagai karyawan, kenapa ngga bermimpi untuk punya bisnis sendiri? Menggaji orang lain sebagai karyawan? Kalau perlu sampa bersaing dengan perusahaan tempat kita bekerja saat ini. Mengapa tidak?

Bermimpi besar tidak melulu berkaitan dengan yang sedang kita kerjakan saat ini. Bisa saja kita banting setir ke bidang lain. Selama itu merupakan lompatan besar dan bisa memberikan dampak yang besar, itu termasuk ke dalam mimpi besar. Mau contoh lagi? Misalkan kita adalah karyawan tadi. Bekerja di pabrik. Setiap hari berangkat pagi pulang sore. Tapi kita punya mimpi suatu saat bisa bekerja dimana saja. Bebas. Tidak terbatas waktu dan tempat. Kita bermimpi untuk menjadi blogger sukses. Yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kita saat ini. Apakah itu mimpi yang besar? Ya. Itu adalah suatu lompatan besar. Dan mimpi besar itu adalah salah satu kunci kita bisa sukses. Kenapa bisa?

 

  1. Mimpi besar itu memberi energi pada pikiran dan emosi.
Mimpi memberikan energi positif (sumber: pixabay.com)

Kita jadi begitu semangat mewujudkan mimpi itu. Semua pikiran dan tenaga kita curahkan hanya untuk membuatnya terwujud. Semua perasaan senang, berani, takut gagal, kuatir, semua campur aduk. Hanya dengan memikirkan bagaimana cara mewujudkan mimpi itu. Fokus kita membaik. Kita tahu apa yang kita inginkan. Apa yang mau kita tuju. Kita rela membayar berapa pun dengan harga berapa pun untuk mewujudkan mimpi itu. Kalau sudah begini, apa iya sukses tidak akan datang?

 

  1. Mimpi besar itu mendorong kita untuk terus maju.
Mimpi mendorong kita untuk terus maju (sumber: pixabay.com)

Bahan bakarnya sudah terisi penuh (poin no. 1), semangat, fokus, kesediaan membayar harganya, semua sudah lengkap. Masih tidak maju juga? Tidak mungkin! Kita akan terdorong dengan sendirinya untuk maju. Karena sudah tidak ada lagi tempat di posisi kita sekarang ini. Tidak ada lagi jalan mundur. Yang ada hanya jalan untuk ke depan. Dan kesanalah kita akan di dorong oleh mimpi-mimpi besar kita. Mereka mengajak kita untuk kesana. Ke tempatnya.

 

Baca juga:

7 Cara Paling Mudah Untuk Mewujudkan Mimpi

 

  1. Mimpi besar itu bisa mempengaruhi orang lain.
Mimpi bisa mempengaruhi orang lain (sumber: pixabay.com)

Coba ingat-ingat, saat ada orang yang minta dukungan kita, misal dalam bentuk uang atau tenaga, siapa yang akan lebih ringan kita bantu, yang punya mimpi besar atau kecil? Pasti yang punya mimpi besar. Optimisme terlihat di wajah mereka yang mendorong kita untuk percaya dan mau membantunya.

Yang punya mimpi kecil? Mukanya saja ragu-ragu. Selalu bilang mungkin bisa, atau malah kayaknya ngga bisa, tapi saya coba. Kalau begini, siapa yang mau yakin? Siapa yang mau membantu? Betul tidak?

Orang yang bermimpi besar, punya visi. Mereka punya arah yang jelas. Keyakinan dan optimisme terpancar di wajah mereka. Sikap yang seperti inilah yang akan menarik banyak orang untuk membantu mereka. Dengan datangnya bantuan, dukungan, penyemangat, atau apapun itu, ini akan semakin memudahkan mereka untuk mewujudkan mimpi besar mereka. Semua orang akan larut dan tergerak untuk ikut serta dalam mimpi besar itu. Jadi, masih tidak mau bermimpi besar?

 

  1. Mimpi besar itu is all about value.
Mimpi is all about value (sumber: pixabay.com)

Masih berhubungan dengan poin di atas, mimpi besar itu selalu punya value. Punya nilai-nilai yang diusung. Entah itu membuat hidup lebih baik, membantu orang lain, memudahkan lingkungan kita, membuat hidup lebih indah, apapun. Ini akan mengumpulkan orang-orang dengan nilai yang sama untuk bahu membahu mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Bermimpilah besar. Dream big. Tapi jangan lupa, think small. Dengan berpikir kecil, langkah kita akan semakin mudah. Semakin ringan. Tidak terbebani. Langkah-langkah kecil itu akan menjadi momentum untuk kita terus bergerak sedikit demi sedikit tapi terus menerus. Ibarat sebuah huruf, rangkaian huruf akan membentuk kata. Rangkaian kata akan menjadi paragraf. Rangkaian paragraf akan menjadi sebuah halaman. Dan kumpulan halaman akan membentuk sebuah buku. Think small, take a small step, big dream come true. Semua diawali dengan langkah kecil.

Bermimpilah besar. Jangan menjadi orang yang tidak punya mimpi. Kejar mimpi kita. Jadilah sukses sebagaimana kita diharuskan. Tetaplah semangat mengejar mimpi-mimpi kita!

Salam sukses!

(Kang Galuh, bermimpi)

Gabung di t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan update artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *