7 Cara Paling Mudah Untuk Mewujudkan Mimpi

Mimpi (sumber: pixabay.com)

Pertanyaannya sekarang (belum-belum sudah bertanya, hehehe), siapa yang ngga punya mimpi? Ada? Kalau ada, sekarang tidur dan mulailah bermimpi. Kamu pasti sering dengar kalau orang-orang sukses itu awalnya dari mimpi. Mereka punya mimpi-mimpi yang ingin mereka wujudkan dalam hidup mereka. Bentuknya bisa macam-macam. Ada yang ingin menciptakan barang-barang yang mempermudah hidup orang, ada yang bermimpi mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang lain, macam-macam.

Bermimpi itu gampang. Masalahnya datang pada saat kamu mau mewujudkannya. Bagaimana caranya? Apa yang harus kamu lakukan? Ngga mungkin kan kamu hanya duduk diam saja kemudian mimpi itu menjadi nyata dengan sendirinya. Harus ada sesuatu yang kamu lakukan untuk bisa membuat mimpi itu jadi kenyataan.

 

1. Jangan mengkhayal.

Jangan mengkhayal (sumber: pixabay.com)

Mentang-mentang mimpi, terus kamu seenaknya mengkhayal macam-macam. Mau jadi Superman, misalnya. Atau berkhayal ingin jadi kuat seperti Hercules. Ini namanya berkhayal. Ngga realistis. Ngga mungkin diwujudkan.

Mimpi boleh bermimpi, tapi harus realistis. Apa patokan realistis? Manusiawi. Kalau pun ngga manusiawi, itu berarti harus bisa diwujudkan dengan bantuan alat. Misal, manusia ingin bisa terbang. Bukan berarti dia harus lompat-lompat latihan terbang kan? Akhirnya manusia menciptakan pesawat terbang untuk bisa terbang. Nah, ini realistis. Karena yang namanya manusia ngga bisa terbang tanpa bantuan apa-apa.

So, tetaplah jadi manusia.

 

2. Sabar ya.

Sabar ya (sumber: pixabay.com)

Yup, sabar. Ngga ada yang instan kayak mie instan. Mie instan saja masih butuh waktu untuk dimasak.

Mimpi juga begitu. Butuh waktu. Bukan diam nunggu loh ya. Tapi terus usaha ngga berhenti-berhenti sampai akhirnya waktu untuk mimpi kamu terwujud datang. Kadang kita ngga sabaran. Akibatnya, berhenti tengah jalan. Ngga melanjutkan lagi. Atau, lanjut tapi dengan cara yang ngga benar. Jalan pintas. Melanggar aturan sana-sini. Terwujud sih mimpinya, tapi dimana berkahnya?

Mimpi itu butuh waktu untuk terwujud. Yang kamu perlu lakukan hanya berusaha dan bersabar sampai waktunya tiba. Itu saja.

 

3. Jangan asal jalan.

Jangan asal jalan (sumber: pixabay.com)

Ngomong-ngomong tentang usaha, tentu harus ada strateginya. Caranya. Buat petanya. Dari kondisi sekarang, kamu mau kemana? Apa yang akan kamu lakukan? Intinya, buat action plan. Strategi jitu pewujudan mimpi.

Strategi ini juga harus terukur. Bukan sembarang strategi. Tapi strategi yang jelas apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, dan sampai kapan harus dilakukan. Ini yang akan jadi panduan kamu selama proses mewujudkan mimpi tadi.

 

4. Gulingkan rodanya.

Gulingkan rodanya (sumber: pixabay.com)

Sekali rencana dibuat, dia hanya akan jadi sampah kalau tidak dijalankan. Jadi, jalankan rencananya. Gulingkan rodanya. Buat rencana itu berjalan.

Kebanyakan orang tenggelam dalam membuat rencana dan rencana. Tapi ngga satu pun yang dijalankan. Jangan menjadi salah satunya. Saya kasih tahu ya, rencana itu tidak ada yang 100% matang. Jadi kalau nunggu rencana itu matang, ngga akan mulai-mulai. Jalanlah dengan rencana yang 70% atau 80% matang. It’s okay. Kalau ketemu kendala, tinggal berimprovisasi. Ngga ada masalah. Yang penting kamu sudah mulai berjalan meninggalkan titik awal kamu.

 

5. Pede.

Pede (sumber: pixabay.com)

Pede saja. Percaya diri. Optimis. Jangan ragu-ragu. Ngga mesti 100% pede. Sama saja kayak rencana tadi. 80% – 90% pede masih OK lah. Jangan dengarkan orang-orang yang mengecilkan kamu. Tetap semangat. Yakin bahwa kamu akan berhasil.

Ada cerita di negeri katak. Suatu hari kepala suku katak mengadakan lomba melompat sampai atas bukit. Ratusan katak ikut serta dalam perlombaan itu. Dan perlombaan pun dimulai. Ratusan katak tersebut mulai melompat ke arah atas bukit. Satu demi satu mereka berguguran. Menyerah. Sampai tersisa seekor katak kecil yang masih melompat.

“Sudahlah, menyerah saja. Kamu ngga akan bisa. Yang lebih besar dari kamu saja tidak kuat. Daripada kamu nanti sakit.”, begitu kata katak-katak penonton di sepanjang jalur pendakian. Terus mereka mengatakan hal-hal yang mengecilkan. Bahwa si katak kecil tidak akan pernah berhasil sampai ke puncak. Tapi, terus juga si katak kecil melompat dengan mantap. Sampai akhirnya.. dia sampai ke puncak! Penonton bersorak-sorai. Kagum. Mereka menghampiri si katak kecil ingin tahu apa rahasianya. Di bombardir dengan begitu banyak pertanyaan, si katak kecil tetap diam. Ternyata dia seekor katak yang tuli!

Moral ceritanya, tahu sendiri kan?

 

6. Jangan mau susah.

Jangan mau susah (sumber: pixabay.com)

Loh? Kok jangan mau susah? Kan katanya untuk mewujudkan mimpi itu ngga gampang. Kalau ngga mau susah, gimana bisa terwujud mimpi-mimpi itu?

Jangan salah sangka dulu. Ini berlaku pada saat kamu punya berbagai macam cara untuk mewujudkan mimpi itu. Ada banyak pilihan. Pada situasi seperti itu, pilihlah cara yang paling mudah. Ya kan? Kenapa harus susah-susah kalau bisa gampang?

Kalau kamu pilih cara yang paling gampang, tapi tetap ikut aturan loh ya, bukan “jalan pintas” yang ngga-ngga, kamu bisa hemat energi kamu. Bisa dipakai untuk mewujudkan mimpi kamu yang lain. Pintar-pintarlah menganalisa semua pilihan yang ada. Kemudian, comot satu yang paling mudah.

 

7. Beserah diri.

Berserah diri (sumber: pixabay.com)

Ini yang ngga kalah pentingnya. Malah mungkin yang terpenting. Sehebat apapun usaha kamu, kalau tidak ditadirkan untuk berhasil, ya ngga akan berhasil. Masalahnya, siapa yang tahu apakah akan berhasil atau ngga? Tugas kita hanya berusaha. Hasil diluar kuasa kita. Dan kita, dinilai dari apa yang kita usahakan. Bukan yang kita dapatkan.

Jadi, tunggu apalagi? Keep trying. Pasrahkan hasilnya. Hidup kamu juga bakal jadi lebih tenang dalam proses mewujudkan mimpi ini.

Gimana? Gampang kan? Bilang saja gampang dulu, jadi ngga kerasa berat. Optimis, pede, ya kan? Selamat bermimpi.

(Kang Galuh, lagi bermimpi)

 

Gabung t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan update artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

2 Komentar


  1. Semoga mimpi2 kang galuh selalu terwujud dengan ikhtiar dan berserah diri, Aaamiin.

    Balas

    1. Aamiin. Makasi doanya kang.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *