3 Hal Apa Yang Didapat Saat Membuka Kaca Jendela Mobil

Apa yang didapat saat membuka kaca jendela mobil (sumber: pixabay.com)
Apa yang didapat saat membuka kaca jendela mobil (sumber: pixabay.com)

Ide tulisan ini muncul begitu saja waktu saya lagi dalam perjalanan pulang dari kantor. Waktu itu malam hari. Cuaca cukup cerah alias tidak hujan. Cuma kondisi mobil waktu itu memang sedang tidak fit 100%. AC mobil tidak dingin! Rusak entah kenapa. Dan keadaan pun diperparah dengan kemacetan dari bubaran pabrik-pabrik di sepanjang jalan saya pulang. Ngga tahan lagi, kaca jendela saya buka. Dan disitulah saya terkejut dengan apa yang didapat oleh saya saat kaca jendela terbuka.

Terlepas dari suara bising, debu, dan kotoran yang mungkin masuk ke dalam mobil, ada hal-hal menarik yang bisa kita dapat saat kaca jendela mobil terbuka. Menarik, menurut saya sih. Mudah-mudahan menarik juga untuk anda. Bisa jadi inspirasi juga waktu terjebak macet di situasi yang sama. Yuk kita lihat.

 

Apa yang didapat saat kaca jendela mobil terbuka

1. Terdengar suara-suara hati di sekitar.

Begitu kaca jendela dibuka, saya mulai bisa mendengar suara-suara di sekitar saya. Biasanya kan hening tuh di dalam mobil kalau kaca jendela tertutup. Nyaman pakai AC. Ditemani lagu-lagu merdu dengan setelan volume cukup besar. Nah, kali ini beda 180 derajat. Jendela mobil terbuka lebar, tidak ada lagu-laguan, hanya ada suara bising kendaraan di sekitar. Nah, waktu kaca jendela terbuka lebar, saya mulai bisa mendengar obrolan-obrolan pengendara motor yang berhenti di sebelah saya dengan orang yang diboncengnya.

Suara-suara orang ngobrol di toko dan warung-warung sepanjang jalan pun terdengar cukup jelas. Macam-macam isi obrolan mereka. Saya bisa dengar karena kebetulan mereka ada dekat di sebelah mobil saya yang berhenti dalam macet. Ada yang ngobrol tentang keluarganya, tentang pekerjaannya, tentang rencana-rencananya, tentang mimpi-mimpinya, tentang bagaimana mereka mengeluh tentang kondisi saat itu. Macam-macam. Ada juga yang ketawa-tawa. Kelihatan sekali sedang senang. Mungkin habis menang lotere atau semacamnya. Atau entah apa kebahagiaan yang sedang menghampiri mereka saat itu.

Yang jelas, saya bisa sedikit banyak menangkap suara hati mereka. Yang ngga bisa di dengar kalau kaca jendela ini tertutup.

 

Baca juga:

8 Tips Hidup Bahagia

 

2. Tahu apa yang mereka butuhkan.

Kalau kita bisa mendengar keluhan dan kesulitan orang lain dengan cara sederhana ini, saya jadi berpikir, kalau seandainya orang-orang yang berwenang di atas sana, atau orang-orang sukses di luar sana yang punya keluasan rezeki mau sebentar saja membuka jendela mobil mereka, mungkin mereka akan menyadari bahwa begitu banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan mereka. Mereka ada di sekitar kita. Hanya dengan sedikit membuka kaca jendela mobil mereka yang gelap, keluar sebentar dari segala kenyamanan hidup di dalam kabin mobil mereka yang hening.

Kita bisa mendengar apa jeritan hati mereka. Apa yang mereka butuhkan dari kita. Apa yang menjadi kesulitan mereka. Apa yang bisa membawa kebahagiaan untuk mereka.

 

3. Tahu apa yang bisa kita lakukan.

Tahu apa yang orang butuhkan, itu artinya kita tahu apa yang bisa kita lakukan untuk mereka. Kita bisa membantu kesulitan-kesulitan mereka semampu kita. Atau, kalau mereka tidak membicarakan tentang kesulitan, kita bisa tangkap minat mereka. Hobi mereka. Kita bisa gunakan itu untuk membuat produk atau menjual sesuatu pada mereka. Betul ngga? Informasi itu mahal. Nah, ini gratis. Masa ngga mau dikasih yang gratisan.

 

Baca juga:

2 Tanda Kebijaksanaan

 

Semua sesederhana membuka kaca jendela mobil. Kita bisa mendengar, merasakan, tahu yang orang lain rasakan, dan bisa menentukan apa yang bisa kita lakukan. Kita tidak hidup sendirian. Kita hidup bermasyarakat. Kita adalah mahluk sosial. Harus membantu dan butuh bantuan orang lain. Dan sebagai anggota masyarakat, kita harus tahu kondisi masyarakat kita. Apa yang menjadi masalah mereka. Apa yang menjadi kebahagiaan mereka. Apa yang menjadi kesulitan mereka. Untuk kita yang diberi keluasan lebih, kita bisa membantu mereka yang membutuhkan. Atau sekedar belajar kebahagiaan sederhana yang mereka rasakan yang mungkin sudah lama tidak rasakan. Kebahagiaan sederhana seperti bisa kumpul bersama teman, udara pagi yang sejuk, atau sekedar mensyukuri nikmat sehat yang kita rasakan sampai saat ini.

Hanya dengan membuka kaca mobil. Hal yang sederhana. Tapi ternyata bisa bermakna lebih. Tergantung bagaimana kita memandangnya bukan?

(Kang Galuh, sambil kepanasan di mobil)

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *