Ini 3 Tips Mudah Untuk Lebih Percaya Diri

Percaya diri (sumber: pixabay.com)

Sebagian orang ada yang merasa minder, tidak percaya diri. Merasa rendah di depan orang lain. Atau menganggap semua orang lain selalu lebih tinggi darinya. Biasanya, hal ini akan terlihat dari sikap tubuhnya. Apa yang ada dalam pikirannya akan mempengaruhi sikap tubuhnya.

Untungnya, hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Dengan mengubah sikap tubuh kita, kita bisa jadi lebih percaya diri. Nah, ini 3 tips mengubah sikap tubuh yang bisa kita lakukan untuk lebih percaya diri.

  1. Lakukan postur tubuh terbuka.
Postur terbuka (sumber: pixabay.com)

Orang yang tidak percaya diri, cenderung akan menutup badannya. Terlihat bersikap defensif. Dia melipat tangannya di depan dada, badan sedikit membungkuk, atau tangan masuk ke kantong celana (kalau sampai gerak-gerak, ini yang bisa menimbulkan persepsi negatif, hehehe).

Supaya lebih percaya diri, buka diri anda. Bahu sedikit ke belakang. Sejajar dengan badan. Punggung tegak. Tangan di samping. Tunjukkan dada anda. Ini dadaku, mana dadamu? Jangan terlalu busung. Ntar disangka sombong lagi. Tegak sewajarnya. Jangan membungkuk. Terbuka lah. Seolah-olah tidak takut apapun. Pandangan lurus ke depan. Jangan nenggak, ntar ngga lihat kalau ada lubang. Jangan nunduk terus, ntar nabrak tiang listrik. Lurus ke depan. Seolah berani menghadapi apapun yang datang.

 

  1. Bergeraklah lebih lambat.
Bergeraklah lebih lambat (sumber: pixabay.com)

Bergerak lambat disini bukan berarti kayak siput loh ya. Atau ala film matrix. Bukan itu. Kalau kayak gitu mah, jadi kelihatan kayak orang aneh. Slow motion sendiri. Bergerak lebih lambat disini, artinya ngga gurung gusuh (bahasa apa ya ini?). Ngga buru-buru maksudnya. Bergerak perlahan. Penuh ketenangan. Pernah lihat orang ngga pede? Misal waktu diminta mencontohkan menari atau apalah. Gerakannya pasti buru-buru. Pingin cepat selesai. Kabur dari pandangan penonton. Sudah. Beres. Nah, kalau ingin percaya diri, bergeraklah lebih lambat. Jangan buru-buru. Nikmati tiap sentimeter gerakan anda. Itu akan membuat anda terlihat lebih percaya diri. Tapi ya itu tadi, tetap natural ya. Jangan terus jadi aneh. Sewajarnya.

 

  1. Berbicaralah lebih lambat.
Bicaralah lebih lambat (sumber: pixabay.com)

Kalau yang ini, pernah lihat orang pidato tapi ngga pede? Bicaranya ngebut. Ngga pakai rem. Biar cepat selesai. Atau orang ceramah lah. Apa yang disampaikan juga ngga bisa ditangkap. Baru salam, sudah salam lagi. Gas pollll.

Orang yang percaya diri, berbicara lebih lambat. Dengan volume yang cukup. Dan kata-kata yang diucapkan dengan jelas. Dia terlihat menikmati setiap momen kata-katanya didengarkan. Tirulah mereka. Berbicaralah lebih lambat. Saya pernah baca salah satu buku tentang cerita orang-orang yang sukses. Salah satu ceritanya adalah tentang seorang pembawa acara yang sukses. Terkenal. Pada saat dia ditanya apa tipsnya, dia cuma bilang, dia berbicara lebih lambat dibanding orang lainnya sehingga orang mengerti apa yang diucapkan. Dan biasanya orang sukses adalah orang yang percaya diri kan? Jadi, berbicaralah lebih lambat.

Lakukan 3 tips mudah diatas. Awalnya mungkin anda akan merasa tidak nyaman. Tidak apa-apa. Itu biasa dalam perubahan. Paksa diri anda. Buat 3 kebiasaan di atas menjadi kenyamanan anda yang baru. Dengan mencoba terlihat percaya diri, anda akan benar-benar bisa jadi percaya diri. Kalau sudah begitu, tawaran bisnis, kerja sama, pertemanan, dan sebagainya akan datang dengan lebih banyak. Lebih terbuka peluangnya. Karena setiap orang senang berada di antara orang-orang yang percaya diri. Bisa menular.

(Kang Galuh, latihan 3 tips percaya diri)

Gabung t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan update artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *