Jangan Takut Dengan Kesulitan Karena Jalan Yang Sulit Biasanya Menuju Ke Tempat Yang Indah

Jalan menuju sukses tidak pernah mudah (sumber: pixabay.com)

Buat yang lagi ngerasa susah dengan apa yang sedang dijalani saat ini, jangan merasa sedih. Tetaplah berjalan karena biasanya jalan yang sulit itu menuju ke tempat yang indah.

Apa buktinya?

Pernah jalan-jalan? Atau paling ngga nonton acara jalan-jalan di televisi. Disitu ditampilkan tempat-tempat yang indah yang kita pikir hanya ada di khayalan. Air terjun yang begitu mempesona, hamparan rumput yang terlihat begitu damai, gemericik air sungai yang menenangkan, ataupun beningnya air laut dimana kita bisa dengan jelas melihat ikan-ikan yang berenang kesana kemari di dalamnya. Semua begitu mengusik rasa kita untuk mengunjunginya.

Tapi tahu ngga? Bagaimana akses untuk sampai ke tempat tersebut? Kita mungkin harus berkendara melewati medan yang sulit. Jalan yang jelek dan berlubang, berkelok-kelok, dan tidak ketinggalan sempitnya jalan tersebut. Belum selesai sampai disitu, kita harus turun dari kendaraan, lanjut dengan berjalan kaki. Menerobos hutan, semak belukar, di atas tanah yang lembab, basah, dan licin. Belum lagi ancaman dari hewan-hewan yang ada di sepanjang jalan itu, mulai dari nyamuk yang kecil sampai ular yang berbisa. Semua begitu melelahkan. Medan yang sangat sulit. Perjalanan yang tidak menyenangkan. Tapi… Tahukah anda, segala perjuangan tersebut akan terbayar begitu kita sampai ke tempat yang kita tuju. Tempat yang menyajikan segala keindahan yang hanya bisa kita bayangkan sebelumnya, sampai akhirnya kita benar-benar disana. Menyaksikan dengan mata kepala kita sendiri.

Pun begitu dalam hidup ini. Siapa yang bilang jadi pintar itu mudah? Kita harus siap untuk belajar sangat keras. Menghabiskan ratusan buku, berguru sana sini, melewati berbagai ujian untuk bisa jadi pintar. Siapa bilang sukses itu mudah? Coba lihat perjuangan orang-orang yang sudah sukses. Berapa kali mereka harus jatuh bangun dari setiap kegagalan yang mereka alami. Berapa banyak hal-hal yang menurut kita menyenangkan, harus mereka korbankan untuk bisa sampai ke tempat mereka sekarang ini. Jalan kesuksesan tidak pernah mudah. Dia tidak dirancang untuk orang-orang yang mudah menyerah. Yang berhenti bahkan pada rintangan pertamanya.

Buat kita yang saat ini sedang berada di tengah-tengah perjalanan, tetaplah semangat. Jangan mudah menyerah. Karena jalan yang sulit biasanya menuju ke tempat yang indah.

(Kang Galuh, sambil tetap berjalan)

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *