Yuk Buat Kata Mutiara Anda Sendiri

Kata mutiara (sumber: pixabay.com)
Kata mutiara (sumber: pixabay.com)

Kenapa saya suka kata mutiara

Saya suka sekali dengan kata mutiara. Kata-kata indah yang bisa membangkitkan semangat yang sedang kendur atau bahkan malah terpuruk. Kata-kata sarat makna yang bisa mempengaruhi siapapun yang membaca ataupun mendengarnya. Biasanya, yang baca cuma bisa manggut-manggut doang. “Benar juga.”, gitu katanya.

Siapa yang punya kata mutiara ini? Biasanya, orang-orang yang punya kata mutiara adalah orang-orang besar yang sukses di bidangnya. Mereka punya pencapaian yang melebihi rata-rata orang. Mereka sudah berhasil melewati begitu banyak perjuangan untuk bisa sampai di posisi mereka saat ini. Mereka telah berhasil mengatasi berbagai kesulitan yang muncul di sepanjang jalan keberhasilan mereka. Mereka telah berhasil bangkit saat mereka terpuruk dan kembali berdiri tegak sampai saat ini.

Siapa mereka? Sebut saja presiden negara-negara adikuasa, CEO perusahaan terkemuka di dunia, artis, pengusaha-pengusaha sukses, ilmuwan, novelis, sebut saja satu-satu. Semua adalah orang-orang terbaik di bidangnya. Dari perjuangan mereka di masa lalu lah lahir kata mutiara yang sering kita dengar atau baca sekarang ini. Kata-kata yang tidak hanya sekedar kata-kata. Kata-kata yang tidak hanya sekedar diucapkan, tetapi telah berhasil mereka buktikan dalam perjuangan mereka meraih mimpi.

 

Baca juga:

8 Hal Yang Akan Terjadi Saat Kita Mengejar Mimpi

4 Alasan Kenapa Bermimpi Besar Itu Perlu

5 Penghalang Bermimpi Besar

 

Kata mutiara anda sendiri

Make your own motivational quotes (source: pixabay.com)
Make your own motivational quotes (source: pixabay.com)

Berbicara tentang kesulitan, siapa sih yang ngga punya kesulitan? Setiap orang punya kesulitannya masing-masing. Setiap orang sibuk dengan pertarungannya sendiri. With their own battle. Dan tiap-tiap orang punya caranya sendiri untuk memenangkan pertarungan itu. Pun begitu dengan kita. Coba kita lihat sejenak ke belakang, apa yang sudah kita lewati? Apa yang sudah kita lalui? Apa yang terlihat di belakang sana?

 

Baca juga:

7 Cara Keluar Dari Masalah Berat

8 Cara Membuat Hidup Bahagia

7 Cara Mewujudkan Mimpi

 

Kita bisa melihat kesulitan. Kita bisa menyaksikan perjuangan, penderitaan, tapi tidak sedikit juga kita melihat pencapaian. Kemudian lihat diri kita sekarang. Kita yang sekarang telah berhasil melewati semua rintangan berat itu dan masih bisa berdiri disini saat ini, hidup, berkarya. Kita telah berhasil mengukir tinta emas kesuksesan kita sendiri. Kita telah berhasil memenangkan pertarungan kita sendiri. Kalau sudah begini, apakah ada beda antara kita dengan orang-orang besar itu?

Jawabannya, bisa dibilang, tidak ada. Mereka berhasil melewati masa sulit? Kita pun berhasil melewati masa-masa sulit kita. Mereka berhasil mencapai sesuatu? Kita juga punya pencapaian kita sendiri. Kita mengalami jatuh bangun yang sama dengan orang-orang besar itu. Dalam skala kita sendiri. Skalanya mungkin berbeda, tetapi perjuangan dan pencapaiannya mempunyai bobot yang sama untuk tiap-tiap orang.

Kalau apa yang kita lewati sama dengan apa yang sudah dilewati orang-orang besar itu, terus kenapa kita tidak melahirkan kata mutiara kita sendiri? Bukankah kita juga layak untuk membuatnya?

Dengan membuat kata mutiara kita sendiri, itu akan menjadi kata-kata yang paling pas untuk diri kita. Sangat personal. Benar-benar gue banget. Cetak kata indah tersebut. Pajang di lemari pengingat kita. Bagikan ke orang lain kalau perlu. Melihatnya, mengingatkan kita bahwa kita pernah berada disana. Kita pernah berada di masa-masa sulit itu. Masa-masa dimana hari-hari kita diisi dengan perjuangan. Dan sekarang, kita disini. Hidup. Baik-baik saja. Kita akan ingat, kita pernah melewatinya. Kita bisa. Dan kita akan terus bisa melewatinya kalau harus bertemu lagi dengan masa-masa semacam itu. Tidak ada lagi yang kita takuti.

Kita juga akan ingat, bahwa kita pernah sukses. Bahwa ada pencapaian yang pernah kita buat. Kita tahu caranya. Kita tahu bagaimana kita bisa mendapatkan pencapaian itu. Pembelajaran berharga. Kita tahu bahwa kita akan bisa sukses lagi nanti. Bahkan lebih. Kita pernah sukses, maka tidak ada alasan untuk tidak bisa sukses lagi. Karena kita tahu formulanya.

Buat kata mutiara anda sendiri. Jadilah inspirasi untuk orang lain. Buatlah kata-kata indah sarat makna itu. Sentuhlah hati tiap orang dengan kekuatannya. Karena kekuatan sebuah kata mutiara terletak pada kata-kata itu sendiri, bukan pada siapa yang mengatakannya. Sentuhlah mereka dengan kata-kata anda sendiri. Dari kisah perjuangan dan sukses anda sendiri.

(Kang Galuh, kata mutiara)

 

Gabung di t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan update artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *