Tujuan Hidup, Menemukan Apa Yang Anda inginkan

Apa tujuan hidup anda? (pixabay.com)
Apa tujuan hidup anda? (pixabay.com)

Lagi, tentang tujuan hidup. Apa yang kita inginkan? Apa yang mau kita lakukan dalam hidup kita yang singkat ini? Selalu menarik untuk dibahas.

“I’m 19 and lost. I don’t know what to do with my life. How can I change my life?”

Lagi cari-cari ide untuk artikel selanjutnya di quora, mata saya tertuju pada pertanyaan yang satu itu. Menarik. Pertanyaan yang cukup mengusik banyak orang. Saya, dan mungkin anda juga. Tidak tahu mau diapakan hidup ini. Pernah merasa seperti itu? Tidak tahu apa yang dimau. Begini salah, begitu salah. Seperti ada yang kurang pas, tapi ngga tahu itu apa. Di beberapa titik kehidupan, saya pikir kita semua pernah merasakan hal itu. Hilang arah. Hilang tujuan. Seperti tidak ada tujuan hidup.

Pertanyaan besarnya, apa yang harus kita lakukan menghadapi situasi seperti itu?

 

Hal-hal yang bisa dilakukan dalam hidup

Begitu banyak hal bisa dilakukan dalam hidup (pixabay.com)
Begitu banyak hal bisa dilakukan dalam hidup (pixabay.com)

Hidup itu luas. Ada begitu banyak hal dalam hidup ini yang bisa dilakukan. Kita bisa jadi apa saja. Penulis, artis, seniman, pengusaha, ilmuwan, apa saja. Bahkan tidak tertutup untuk membuat hal-hal baru yang belum ada sekarang ini. Misal, internet marketer. Dulu mana ada profesi ini. Sekarang jadi ada karena kebutuhan. Jadi, sekali lagi, kita bisa menjadi apa saja.

Sayangnya, dari semua hal yang kita tahu, kadang tidak satu pun yang menarik minat kita. Kita tahu, tapi tidak tertarik. Bahkan belum apa-apa sudah menolak. Semua pintu kemungkinan kita tutup rapat-rapat. Jadi, permasalahannya bukan tidak ada yang bisa kita lakukan, tapi karena tidak ada yang ingin kita lakukan. Tidak ada ketertarikan. Yang bisa dilakukan? Banyak. Tapi tidak dengan yang kita inginkan.

 

Baca juga:

4 Alasan Kenapa Harus Bermimpi Besar Untuk Bisa Sukses

8 Cara Membuat Hidup Bahagia

 

Menemukan tujuan hidup? Mungkinkah?

Kalau kita bawa masalah ini ke ranah agama, beres semua. Disitu jelas diterangkan tujuan penciptaan kita. Untuk beribadah ataupun sebagai ujian. Tapi, biarlah itu dibahas oleh ahlinya. Disini saya hanya tuliskan sebatas pemahaman saya yang sederhana saja.

Begitu banyak artikel yang membahas tentang tujuan hidup. Bagaimana menemukannya. Tapi, menurut saya, tujuan hidup itu bersifat univesal untuk setiap orang. Hanya cara mewujudkannya saja yang berbeda. Metodenya tidak sama.

Misalnya begini, ada orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang lain. Apa untungnya? Mungkin terlihat tidak ada. Tapi itu adalah caranya mengaktualisasikan dirinya. Memenuhi panggilan hatinya. Ada juga yang terobsesi mengejar kekayaan, mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Itu juga bentuk aktualisasi dirinya. Diri sejatinya. Sebenar-benar jiwanya. Tujuannya satu, aktualisasi diri. Hanya saja caranya yang berbeda. Bentuknya saja yang berbeda. Tapi kembali lagi, itu dilakukan oleh orang-orang yang sudah tahu apa yang mereka inginkan dalam hidup mereka. Apa yang menjadi panggilan hatinya. Kalau yang belum tahu, bagaimana?

 

Baca juga:

Perhiasan Yang Sesungguhnya

 

Cara menemukan apa yang diinginkan dalam hidup

Mencari tujuan hidup, mungkinkah? (pixabay.com)
Mencari tujuan hidup, mungkinkah? (pixabay.com)

Anda sudah tahu apa yang anda mau? Selamat! Anda sekarang hanya tinggal fokus menjalani apa yang anda mau. Panggilan hati anda. Sekarang tinggal yang belum tahu, bagaimana cara cari tahunya?

Ada banyak cara untuk menemukan apa yang benar-benar anda inginkan dalam hidup ini. Ini hanya salah satunya. Cobalah banyak hal. Lupakan dulu apakah memang anda tertarik atau tidak. Coba saja. Lakukan. Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Ini juga berlaku disini. Kenalan saja dulu. Coba. Perluas wawasan anda. Ketahuilah banyak hal. Siapa tahu anda tidak tahu mau apa karena anda belum melihat hal-hal yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Belum pernah terpikirkan.

Minat bisa timbul belakangan. Begitu anda mencoba, anda tahu rasanya, bisa jadi minat anda muncul. Mulai ada ketertarikan. Mulai menjadi sesuatu yang anda inginkan dalam hidup anda.

 

Baca juga:

4 Cara Bisa Bekerja Sesuai Passion

7 Cara Hebat Mewujudkan Mimpi

 

Sebagian orang baru tahu apa yang ia inginkan pada usia matang. Tidak apa-apa. Tidak ada yang salah dengan ini. Banyak orang yang baru merengkuh kesuksesannya di usia matang. Tidak masalah.

Anda yang sudah tahu apa yang anda inginkan, tetaplah buka mata anda. Jangan persempit kemungkinan. Hidup itu dinamis. Terus berubah. Siapa tahu anda akan menemukan apa yang lebih anda inginkan dari yang sudah ada sekarang ini. Lihatlah dunia yang luas ini. Begitu banyak hal disana. Peluang. Kesempatan. Jelajahi setiap kemungkinannya.

Tahu apa yang diinginkan itu baik. Yang belum tahu juga jangan berkecil hati. Itu justru menjadi peluang untuk anda bisa mencoba banyak hal. Memperluas cakrawala pengetahuan anda.

Tahu apa yang diinginkan itu baik. Tapi tahu apa yang seharusnya dilakukan, itu jauh lebih baik. Tetaplah semangat! Temukan apa yang ingin anda lakukan. Panggilan jiwa anda. Dan mulailah berkreasi. Berkarya. Warnai dunia luas ini.

 

Gabung di t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan update artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *