Performance Review

Rating performance review (sumber: pixabay.com)

Penilaian kinerja tahunan. Performance review. Rutinitas setiap akhir tahun fiskal. Kasih penilaian ke anggota tim. Diberi penilaian oleh atasan. Penilaian dari diri sendiri tidak kalah penting. Compare dengan atasan. Compare dengan anggota tim. Saling memberi feedback dan masukan. Bagaimana performa setahun ke belakang. Bagaimana harapan setahun ke depan.

Take and give. Saling terbuka. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Semua untuk kemajuan bersama. Ada penilaian positif. Tidak sedikit yang negatif. Santai saja. Itu biasa. Yang penting sifatnya konstruktif. Untuk kemajuan. Untuk perbaikan. Yuk diterima.

Penilaian subyektif. Ngga usah perdulikan. Biar saja. Tiap orang boleh menilai sesuai pendapat pribadi. Terserah. Jangan ambil hati. Ambil positifnya. Yang bermanfaat. Yang ngga, buang saja ke laut. Menuh-menuhin pikiran.

Menerima kritik, kadang susah. Cenderung ingin bertahan. Pasang pola defensif. Cari-cari alasan pembenaran. Siapkan serangan balik. Begitu ada kesempatan, serang. Tidak bagus. Kritik konstruktif harus diterima. Menyampaikan kritik juga harus santun. Jangan menyinggung. Bahasa santun. Sikap yang sopan. Kritik diterima dengan baik dan lapang dada. No offense.

Menerima pujian, jangan besar kepala. Pujian, amanah untuk lebih baik lagi. Minimal, pertahankan. Tularkan pada rekan kerja sekitar. Pujian bukan tujuan. Kita tidak bekerja untuk itu. Pujian hanyalah bonus. Penghargaan atas kinerja kita. Bukan segalanya. Jangan terbuai. Pujian bisa memabukkan.

Samakan rencana. Di akhir performance review, action plan dibuat. Sepakati. Komitmen. Jalankan untuk setahun ke depan. Tanpa ragu. Ekspektasi jelas. Target jelas. Tinggal prosesnya yang harus dijalankan. Jalankan dengan sepenuh hati. Profesional.

(Kang Galuh, habis performance review)

Pocket

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *