Perhiasan Orang Miskin Dan Orang Kaya

Orang Kaya (pixabay.com)
Orang Kaya (pixabay.com)

Semua orang ingin memiliki kekayaan. Semua mau jadi orang kaya. Tidak ada yang bercita-cita menjadi miskin. Dengan menjadi kaya, semua terlihat akan menjadi lebih mudah. Kita bisa membeli apa saja yang kita butuhkan walaupun belum tentu menjamin kebahagiaan dalam hidup.

Permasalahannya datang pada saat kenyataannya tidak semua orang ditakdirkan kaya. Sebagian ditakdirkan miskin. Hidup dengan segala kesulitannya. Seolah-olah ada jurang yang sangat lebar dan dalam yang memisahkan kedua golongan itu. Tapi ternyata Tuhan Maha Adil. Dia tidak menilai kita dari seberapa banyak kekayaan yang kita miliki. Dan bahwa ada satu perhiasan yang bisa dimiliki baik oleh orang kaya ataupun orang miskin. Dan perhiasan inilah yang kedua golongan yang berbeda takdir itu sama nilainya.

 

Baca juga:

4 Alasan Harus Bermimpi Untuk Bisa Jadi Orang Sukses

 

Perhiasan orang miskin

Perhiasan Orang Miskin (pixabay.com)
Perhiasan Orang Miskin (pixabay.com)

Perhiasan untuk orang yang tidak ditakdirkan kaya adalah harga diri. Harga diri yang bisa tetap menjaganya berada dalam kemuliaannya. Harga diri yang menjaganya dari meminta-minta dan mengharapkan belas kasihan orang lain. Harga diri yang membuatnya ikhlas menerima takdirnya. Kemiskinan tidak membuatnya kehilangan perhiasan berharga yang satu ini. Tidak membuatnya tergoda untuk mengikuti gaya hidup di luar kemampuannya dengan cara merendahkan dirinya di hadapan orang lain.

Ikhlas bukan berarti diam tidak berbuat sesuatu. Hanya menerima begitu saja semua keadaan saat ini. Berbuatlah sesuatu untuk mengubah takdir. Tapi tetaplah jaga diri untuk tetap berada pada kemuliaan tidak bergantung pada orang lain. Jaga baik-baik perhiasan paling bernilai dan satu-satunya yang dimiliki.

 

Baca juga:

Perhiasan orang kaya

Perhiasan orang kaya (pixabay.com)
Perhiasan orang kaya (pixabay.com)

Percuma menjadi orang kaya kalau tidak memiliki perhiasan yang satu ini. Bersyukur, itulah perhiasan mereka yang kaya. Berterima kasih atas kelebihan yang sudah dititipkan padanya.

Bersyukur tidak hanya sekedar ucapan di lisan. Bersyukur harus diwujudkan dalam perbuatan. Manfaatkan kekayaan yang dititipkan pada anda. Bantulah orang lain. Rangkul orang-orang yang tidak seberuntung anda. Buatlah mereka keluar dari kesulitannya.

Orang kaya yang pelit tidak ada artinya. Ia mungkin memiliki harta yang banyak, tapi dia tidak memiliki perhiasan paling bernilai yang bisa dimiliki orang-orang kaya.

 

Bukan banyaknya harta yang menjadi nilai

Kaya atau miskin tidak menjadi patokan nilai diri seseorang. Tapi perhiasan yang dimilikinyalah yang membuat seseorang berharga atau tidak. Dan itu terbebas dari apakah ia orang kaya atau orang miskin. Apakah kita sudah mempunyai perhiasan hidup paling bernilai ini? Lihatlah ke dalam hati kita masing-masing.

(Kang Galuh, mencari perhiasan dalam hidup)

 

Gabung di t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan update artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *