Ingin Tampil Lebih Percaya Diri? Bergerak Dan Berbicaralah Lebih Lambat Karena 6 Alasan Ini

Cara meningkatkan percaya diri: bergerak dan berbicara perlahan (sumber: pixabay.com)
Cara meningkatkan percaya diri: bergerak dan berbicara perlahan (sumber: pixabay.com)

Pernah merasa minder?

Ngga percaya diri?

Pasti pernah.

Rasanya hampir setiap orang pernah merasakan hal itu.

Entah itu waktu harus presentasi di depan atasan, di depan kelas, atau apapun yang namanya bicara di depan umum.

Atau, mungkin juga kita ngga percaya diri waktu ketemu orang-orang baru. Orang-orang yang kita anggap sukses. Merasa diri lebih rendah dari mereka.

Berbagai cara meningkatkan percaya diri sudah dicoba. Sebagian ada yang berhasil, sebagian lagi masih perlu berjuang lebih lama untuk berhasil.

Di artikel saya yang lain, saya pernah sampaikan kalau salah satu cara meningkatkan percaya diri adalah dengan berbicara dan bergerak lebih perlahan.

Sudah mencoba?

Atau belum yakin?

Kalau belum yakin, saya kasih tahu kenapa dengan melakukan hal itu, percaya diri kita bisa meningkat.

Yah, beberapa persen lah kalau ngga 100%.

Kalau anda sudah yakin, bisa langsung praktek. Atau jangan-jangan malah sudah berhasil?

Selamat! Kalau sudah.

Lagian, siapa sih yang ngga mau terlihat percaya diri? Seperti motivator-motivator yang biasa kita lihat di TV.

Terlihat begitu percaya diri. Nyaman dengan dirinya sendiri. Dan dengan itu dia bisa mempengaruhi orang.

Atau, macam orang-orang sukses yang sering muncul di berita?

Ngga perlu menunggu waktu untuk sukses dan kaya raya untuk bisa lebih percaya diri. Malahan yang berlaku adalah sebaliknya.

Dengan percaya diri, sukses pun tinggal menunggu waktu.

 

Baca juga:

3 Tips Untuk Tampil Lebih Percaya Diri

 

Alasan bergerak dan berbicara lebih lambat adalah cara meningkatkan percaya diri

Saya rangkum ada 6 alasan kenapa dengan bergerak dan berbicara lebih perlahan bisa mempengaruhi tingkat percaya diri kita.

Saya yakin ada lebih banyak lagi alasan. Tapi disini saya tuliskan hanya enam diantaranya.

Yuk kita lihat satu-satu.

  1. Orang yang percaya diri, akan bergerak dan bicara lebih lambat. Itu fakta.
Cara meningkatkan percaya diri: bergerak dan berbicara perlahan (sumber: pixabay.com)
Cara meningkatkan percaya diri: bergerak dan berbicara perlahan (sumber: pixabay.com)

Coba anda perhatikan orang-orang yang punya percaya diri tinggi. Misal, para pemimpin negara, pebisnis, atau orang-orang berprestasi lainnya, mereka akan bergerak dan berbicara lebih lambat dari orang lainnya (sekitar 190 kata per menit).

Dan itu fakta!

Sudah ada penelitiannya alias sudah dibuktikan. Ngga pernah ada kita lihat orang-orang hebat itu gurung gusuh alias tergesa-gesa dalam bertingkah laku.

Semua begitu tenang dan tertata.

Kalau susah melihat keseharian orang-orang hebat itu, coba deh kita lihat orang-orang yang menurut kita sukses yang ada di sekitar kita. Yang bisa kita lihat dalam kesehariannya.

Misal, orang tua kita?

Atau bos kita?

Petinggi-petinggi di kantor kita?

Coba perhatikan!

Perhatikan mereka yang sudah sampai di posisi yang kita inginkan. Terus bandingkan dengan orang-orang yang masih merangkak naik.

Kelihatan bedanya?

Gimana mereka terlihat lebih percaya diri dengan gerakan dan cara bicaranya yang lebih lambat dari orang lain.

Dari cara berjalannya, mengangguknya, pidatonya, semua lebih lambat. Tapi bukan slow motion juga loh ya. Sewajarnya. Tidak terburu-buru.

Dan penelitian memang membuktikan fakta seperti itu.

 

  1. Lebih beeing present.
Beeing present - cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)
Beeing present – cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)

Terlepas dari fakta bahwa secara otomatis orang-orang yang percaya diri bergerak lebih lambat, kita bisa juga loh melatih diri untuk meniru sikap yang sama.

Slow down!

Rem diri anda dari kepingin buru-buru selesai. Bergerak dan berbicaralah lebih pelan dari biasanya.

Dengar kata demi kata yang kita ucapkan.

Sadari tiap gerakan yang kita buat.

Mau ngga mau, anda akan dipaksa lebih hadir secara pikiran dan kesadaran. Anda akan dipaksa untuk lebih menikmati keadaan anda saat itu.

Lagi ngga pede?

Biarkan!

Biasakan diri kamu.

Nikmati ketidaknyamanannya.

Lama-lama akan terbiasa dan ketidaknyamanan itu akan hilang dengan sendirinya dan kamu akan merasa lebih nyaman dengan diri kamu.

Tingkat kepercayaan diri kamu pun akan naik.

 

  1. Lebih punya kontrol diri.
Punya kontrol diri - cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)
Punya kontrol diri – cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)

Saat kita bergerak dan berbicara lebih lambat, kita akan sepenuhnya menyadari apa yang sedang kita kerjakan.

Malah, kita bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan selanjutnya di waktu yang super singkat itu.

Kalau sudah begini, kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan konyol yang tidak perlu. Yang mungkin bisa kita lakukan pada saat tergesa-gesa.

Kita akan merasa punya kontrol atas tindakan diri kita.

Kita merasa lebih aman karena tahu kontrol ada di tangan kita.

Dan pada akhirnya, perasaan punya kontrol dan rasa aman ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita.

 

Baca juga:

 

  1. Lebih aware dengan keadaan sekitar.
Sadar lingkungan sekitar - cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)
Sadar lingkungan sekitar – cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)

Kesadaran diri yang kita dapat saat bergerak dan berbicara lebih lambat akan membuat kita menyadari perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar kita.

Misal, pada saat berbicara sama orang lain, kita bisa menyadari perubahan raut mukanya, intonasi bicaranya, gerak tubuhnya, dan sebagainya.

Kita bisa menebak apa yang lawan bicara kita sedang rasakan.

Dengan menyadari perubahan-perubahan itu, kita bisa menentukan respon yang tepat. Kita punya kontrol atas respon kita.

Kita bisa tuh memprediksi apa yang akan lawan bicara kita lakukan beberapa detik ke depan.

Jadi, ngga ada lagi yang namanya kejutan.

Biasanya kejutan-kejutan ini mempengaruhi rasa percaya diri kita. Kita jadi ngga pede karena ngga punya persiapan.

Nah, kalau kejutan itu dihilangkan, kita jadi lebih pede kan?

 

  1. Puas karena orang lebih mengerti apa yang kita sampaikan.
Sadar lingkungan sekitar - cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)
Sadar lingkungan sekitar – cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)

Pernah presentasi di depan orang tapi orangnya ngga ngerti-ngerti?

Pernah kan?

Gimana rasanya?

Ngga enak.

Emosi.

Kayak apa yang kita omongin ngga jelas. Padahal kita sudah berusaha mati-matian menjelaskan sejelas mungkin.

Kalau sudah begini, seperti kita tidak menguasai apa yang sedang kita katakan. Sudah berulang-ulang, belum juga ngerti.

Ini bisa buat down mental kita.

Tapi tahu ngga? Kadang orang itu ngga ngerti apa yang kita bicarakan bukan karena materi yang kita sampaikan terlalu sulit, tapi lebih karena kita bicara terlalu cepat!

Macam dikejar anjing galak! Ingin cepat-cepat selesai. Kalimat-kalimat pun disingkat-singkat.

Gimana mau ngerti kalau apa yang kita sampaikan saja ngga kedengaran?

Nah, kalau bicara dengan kecepatan yang pas, ini bisa meningkatkan kemungkinan mengerti lawan bicara beberapa persen.

Cukup sekali ngomong, orang sudah mengerti.

Kita merasa lebih pintar karena bisa membuat orang mengerti dalam sekali ucap.

Merasa pintar bisa buat lebih pede. Bukan begitu?

 

  1. Cukup oksigen.
Hirup oksigen - cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)
Hirup oksigen – cara meningkatkan percaya diri (pixabay.com)

Pernah coba ngomong nyerocos ngga pakai jeda?

Terus saja kayak kereta api panjang.

Gimana rasanya?

Engap kan? Sesak nafas kurang oksigen.

Kalau ngomong pakai jeda, kita punya waktu untuk bernafas. Ada asupan oksigen ke otak. Badan pun rileks.

Energi kita stabil. Pikiran bisa tetap jernih. Konsentrasi bisa dijaga. Performa pun meningkat. Entah apapun yang sedang anda kerjakan.

Performa meningkat, percaya diri pun datang. Otomatis. Ngga perlu usaha berlebih.

Itu enam alasan kenapa bergerak dan berbicara lebih perlahan adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan percaya diri.

Kamu ingin tampil lebih percaya diri?

Lebih bisa menguasai diri?

Bisa menguasai forum pada saat tampil di depan umum?

Kamu bisa coba trik yang satu ini.

Cukup dengan bergerak dan berbicara lebih perlahan. Dan rasa percaya diri kamu pun akan meningkat.

Atau, setidaknya terlihat lebih percaya diri.

Mudah, singkat, bisa dipraktekan kapan saja dimana saja.

Dan gratis!

Ngga perlu bayar pelatihan ini itu.

Trik yang sangat sederhana.

Dan ini penting loh pada saat kamu sedang membangun kepercayaan, dari konsumen bisnis kamu misalnya. Atau, dari rekan kerja bahkan bos kamu.

Siapa yang tidak suka percaya dengan orang yang percaya pada dirinya sendiri dan tampil meyakinkan?

Orang-orang sukses itu bisa. Saya yakin kamu juga pasti bisa. Termasuk saya.

( K a n g  G a l u h ,  p e r l a h a n . . . )

 

Yuk, gabung di t.me/kanggaluhchannel supaya ngga ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya.

Pocket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *